Adeusweb
Home Blog Tips Memahami Lebih Dalam Domain dan Hosting

Memahami Lebih Dalam Domain dan Hosting

2 Desember 2020 Pengertian Domain dan Hosting

Apa itu Domain dan Hosting? Pernahkah Anda bertanya demikian? Tentunya bagi anda yang mempunyai atau berpikir ingin memiliki website, pasti pernah. Kali ini kami menjelaskan kedua hal di atas.

Apa itu Domain?

Domain merupakan sebuah nama yang untuk website yang biasa kita ketik pada URL bar di browser. Secara garis besar, internet adalah komputer besar yang saling terhbung satu sama lain.

Untuk saling menghubungkan, komputer memiliki sebuah identitas masing-masing yang dinamakan IP Address. IP Address terdiri dari angka-angka yang dipisahkan oleh sebuah titik (.). Contoh IP Address adalah 173.35.456.13.

Komputer tidak akan memiliki masalah ketika mereka saling membaca angka-angka tersebut di atas, tapi bagi manusia tidak akan bisa menghafal angka-angka tersebut apalagi ada banyak komputer yang terkoneksi.

Maka, untuk memudahkan manusia, dibuatlah nama domain agar manusia mudah menghafalkan setiap alamat website. Apabila Anda ingin mengunjungi sebuah website, Anda hanya perlu menuliskan alamat domain saja.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Website

Apa itu Hosting?

Ketika seorang user akan mengakses website Anda, maka ia akan menuliskan nama domain dan diarahkan ke website Anda. Ketika user mengakses website, maka akan ditampilkan isi dari website.

Jadi, semua website membutuhkan sebuah Hosting untuk menyimpan seluruh isi website agar dapat diakses oleh semua user.

Apa hubungan antara Domain dan Hosting?

Dari penjelasan di atas, Domain dan Hosting memiliki fungsi yang berbeda tetapi keduanya bekerja bersama untuk membuat website bisa bekerja dengan baik. Tanpa domain, orang tidak bisa mengakses website kita dan tanpa hosting kita tidak bisa membangun website.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kami yakin Anda sudah semakin paham dengan Domain dan Hosting. Keduanya pun juga saling bekerja bersama agar website bekerja dengan baik. Memilih 2 hal tersebut pun juga tidak boleh asal.

Adeusweb yang merupakan Jasa Pembuatan Website Terpercaya menyediakan layanan Domain Murah dan Hosting Terbaik yang memiliki Up Time 99,98% agar website bekerja dengan baik. Apabila Anda ingin memiliki website, bisa menghubungi via email atau chat kepada kami.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Adeusweb Team

Adeusweb merupakan Web Developer Team yang siap membantu membuat website bagi perusahaan / organisasi.

Butuh Bantuan? Hubungi kami sekarang!