Adeusweb
Home Blog Tips Manfaat Memiliki Website Bagi Bisnis

Manfaat Memiliki Website Bagi Bisnis

26 November 2020

Banyak bisnis di Indonesia saat ini yang memiliki website. Website sangat banyak manfaatnya bagi bisnis salah satunya adalah marketing secara digital. Pelaku UMKM pun sekarang sudah banyak yang melek internet, padahal dulu para pelaku UMKM masih berpikir bahwa memiliki website tidak begitu penting. Nah, berikut ini beberapa manfaat memiliki website bagi bisnis :

Membangun Brand

Setiap perusahaan pasti memiliki keunikannya masing-masing, dengan keunikan tersebutlah sebuah perusahaan dapat dengan mudah dikenali oleh masyarakat luas. Salah satu cara untuk mengenalkan sebuah brand kepada khalayak luas adalah dengan memiliki website.

Website juga merupakan citra dari sebuah perusahaan. Informasi yang lengkap dan tersedia di dalam website akan sangat membantu untuk meningkatkan Brand Awareness kepada masyarakat luas. Setiap hal yang dilakukan oleh perusahaan dan diekspos di dalam website akan membuat masyarakat semakin mengenali perusahaan.

Meningkatkan Kredibilitas

Dengan menyajikan informasi bisnis untuk konsumen, berarti meningkatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan profesionalitas dari bisnis. Sebuah hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah membuat konsumen percaya pada kita.

Pada saat ini ketika orang ingin mencari informasi yang lebih detail, mereka memiliki kecenderungan untuk mencari informasi melalui internet daripada bertanya atau datang langsung. Disinilah website memegang peran penting untuk memberikan informasi kepada pengguna.

Baca Juga : Mengapa Harus Memiliki Website, Pengertian dan Keuntungannya

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Pada tahun 2020, We Are Social melakukan survei jumlah pengguna internet di Indonesia. Hasilnya, pada tahun tersebut terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Nilai ini meningkat sekitar 17% atau 25 juta dari tahun 2019. Berarti, ketika sebuah perusahaan memiliki website maka ada potensi besar untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar juga.

Dengan memiliki website, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak target pasar yang sangat luas dibanding dengan cara tradisional dan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan promosi secara offline/luring.

Menghemat Waktu dan Biaya Promosi

Dari sisi promosi dan efisiensi, website bisa dikatakan sangat menghemat kedua hal tersebut. Potensi promosi dari pengguna internet di Indonesia yang sangat banyak akan menekan biaya promosi. Perusahaan bisa membuat pengeluaran secara tahunan untuk memiliki website dan ini adalah sebuah hal untuk menghemat pengeluaran dari sisi promosi secara online.

Website pun juga akan memudahkan pelanggan untuk melihat produk yang ditawarkan, kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas tempat dan waktu. Dengan hal ini, biaya operasional perusahaan kembali bisa ditekan dan lebih hemat.

Kesimpulan

Dari beberapa manfaat utama memiliki website dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa website sangat bisa diandalkan dalam memperkenalkan bisnis atau produk ke pasar yang lebih luas. Dengan adanya website juga bisa menekan biaya operasional perusahaan. Apakah Anda sudah tertarik untuk memiliki website?

Gabrilla Hersinta Putri

I am a digital content writer at Adeusweb. I'm always creating creative articles. Call me Gaby.

Butuh Bantuan? Hubungi kami sekarang!